Skip to main content

Pesan untuk laki-laki

Aku suka sekali membaca novel karya Andrea Hirata,  meskipun di dalamnya selalu bercerita tentang tokoh-tokoh yang udik dan lugu. Tapi pemilihan kata dan cara pak cik bergurau sangatlah smart. Di postingan kali ini aku gak mau membahas karya pak cik,  nanti saja kalau sudah selesai membaca Sirkus Pohon.  Jadi di setiap novel pak cik,  ia selalu menceritakan kisah cinta yang rumit dan amat pedih,  terkesan berlebihan namun realistis dan kebanyakan tokoh yang menderita itu adalah laki-laki. Seakan perempuan adalah racun atau bisa yang mematikan bagi hidup tokoh-tokoh tersebut. Tapi versi postingan ku kebalikan dari cerita di novel-novel pak cik, penderitaan itu berawal dari tingkah laki-laki.

Selama jadi wali kelas di setiap awal pengenalan,  aku selalu memanggil satu persatu anak didik ku. Menanyakan banyak hal, mulai dari background keluarga,  pekerjaan orang tua dan uang jajan perbulan. Sebelumnya aku selalu menjelaskan kenapa mereka harus terbuka pada ku,  karena aku adalah orangtua mereka di pondok. Aku harus tau detail karakter mereka, bahkan sampai uang jajan. Karena tak sedikit anak yang jajan nya banyak namun belum bayar spp,  hal itu bisa menjadi pertanyaan besarkan? Lalu banyak pula anak yang berperilaku selalu ingin "diperhatikan" dan kebanyakan mereka berasal dari latar belakang keluarga yang kurang perhatian.

Ternyata cara tersebut manjur,  mereka senang bercerita bahkan hingga menangis. Bayangkan anak usia 14/15 tahun seperti mereka ada yang pernah mendengar dan melihat pertengkaran kedua orang tuanya,  ku kira itu hanya ada di sinetron. Banyak sekali versi cerita dan masalah yang ku tampung dan kebanyakan yang memicu hal tersebut adalah "laki-laki". Si ayah yang pergi dan tidak bertanggung jawab,  si ayah yang menikah sirih tanpa memberi tahu keluarganya,  si ayah yang suka memukul dan meludahi istrinya,  hingga si ayah yang mengenalkan istri dari pernikahan sirihnya ke sang anak ketika mengunjungi pesantren. "Teh,  ini temen bapak" anak usia 14/15 tahun mana yang tidak mengerti kata "teman" untuk laki2 yang sudah berkeluarga. Dia hanya bisa menangis memendam semua sendirian,  sampai akhirnya di sesi tanya jawab itu ia menumpahkan semuanya padaku. 

Kebanyakan ibu dari korban  ayah-ayah tidak bertanggung jawab itu memilih sendiri dan tidak menikah lagi,  betapa perempuan bisa lebih kuat dari laki-laki. Bahkan mereka yang ditinggal mati suaminya bisa menghidupi anaknya selama bertahun-tahun tanpa ada keinginan menikah lagi. tapi laki-laki?  Bukan kah di fikirannya penuh nafsu birahi? Yang sebulan di tinggal mati istrinya lalu bisa menikah lagi, tanpa memikirkan perasaan si anak yang masih berduka. Sedangkan perempuan penuh dengan kesetiaan dan kemandirian.

Hai kau laki-laki,  siapapun yang membaca blog ini. Berkomitmenlah ketika kelak kau menikah!!  Ingatlah,  semarah apapun istri, ia masih bisa dikuasai. Semarah apapun istri, hakikatnya ia hanya ingin di kasihi. Perlakukan lah ia dengan baik, sebagaimana kata mutiara yang diambil dari sabda nabi "Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, bukan dari kepalanya untuk menjadi atasan, bukan pula dari kaki untuk dijadikan alas, melainkan dari sisinya (tulang rusuk) untuk menjadi mitra sederajat, dekat pada lengannya tuk dilindungi. dan dekat dihatinya tuk dicintai". Janganlah kau meninggi kan suara mu ketika marah. karena jika kau marah, perempuan mana kah yang bisa meredam amarah mu? kecuali pukulan yang akan mendarat di sekujur tubuhnya. Jika marah, pergilah!! redamkan amarah mu sendiri. Karena pada hakikatnya perempuan akan rindu dan mencari mu untuk kembali. Begitulah hati perempuan, penuh dengan rasa iba, mudah memaafkan dan mengasihi. 

aku jadi berfikir, betapa menikah itu harus di fikir matang-matang. Bukan hanya sekedar mempersiapkan biaya untuk hajatan, bukan hanya menyatukan dua hati,  tapi juga menyatukan 2 keluarga dengan kebiasaan dan budaya yang berbeda. Menikah adalah memilih pasangan hidup sehidup-semati,  yang loyal dan mengerti,  yang bisa bertanggung jawab dan punya komitmen tinggi. Bukan kah tujuan menikah adalah untuk beribadah?  Bukan untuk memutus silaturahmi (read: cerai)?

Semoga kelak aku akan menemukan imam yang sholeh, yang bertanggung jawab dan berkomitmen tinggi. aamiin....

Comments

Popular posts from this blog

Better Than Love

Ini lagunya Sinna Sherina Munaf, liriknya dalem banget ^^. blogger tau film "Petualangan Serina"? ya...di film itu namanya Sherina M. Darmawan..... "M"nya apa? tau gak? M-nya itu "MELINDA"( haha...jangan percaya!!!). aku nge-fans sama Sherina. dia hebat banget, waktu umurnya masih sangat dini, doi udah nyanyi bareng Westlife (bisa dibilang boyband yang pada zamannya lagi naik daun). semua lagunya okok banget...temasuk yang satu ini :) Seemed impossible, seemed absurd I didn’t even know you before Kept my distance, closing in I don’t mind caressing your skin What did you say, what did you do? Somehow i feel i’m enchanted by you Flying high on a mountain high Suddenly you look as bright as the sky Something old, something new Something i didn’t thought could be true Have I forgotten or have I never Felt like this as light as a feather Not interested in love, but i’m attracted to you I hope that you feel the same way too A little too fast b

posisi bayi melintang, plasenta previa, terlilit tali pusat, tapi bisa lahiran normal?

Bismillah, kita mulai aja ya ceritanya, mumpung baby Nala sedang tidur nih hihi. Sebelumnya, apa kabar para pengantin baru, bumil atau siapapun yg baca postingan ini. Sebenarnya ini lebih ke sharing pengalaman sebagai pengantin baru yg kemudian hamil dan melahirkan. Btw, buat kamu yg pengantin baru dan belum dpt momongan jangan khawatir dan terburu-buru pingin cepet punya momongan ya, jrk normal nikah ke hamil itu maksimalnya 1 thn koq, kalo lebih dari itu tpi blm hamil jg baru cek ke dokter ya. jadi inget dlu tiap tgl mens deg2an karna takut haid wkwk, maklum dlu rasanya mau cepet2 aja. apalagi liat temen2 yg nikahnya gak jauh beda sama kita dan lgsg dikasih "titipan" olehNya, dan tiap tahu kalo haid lgsg agak kecewa gitu rasanya, ada yg gini juga ga? Toss kita sama hihihi. Tapi ternyata ketika sudah hamil, hal itu tidak semudah pertanyaan "kapan?" dari orang-orang sekitar, pokoknya selagi belum "dititipkan" nikmatin pacaran berdua dulu sama suami ya

Persalinan lancar berkah doa asmaul husna

Sorry too late to post hihi,  now day nala lg kuat bgt nennya dan mulai gak mau ditaro di kasur meskipun udh ngantuk wkwkw. Doa kan semoga aku dan nala sehat terus ya,  biar bisa berbagi cerita di blog sebisa mungkin hihi. Bismillah, lanjut ke cerita persalinan. Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya,  di usia kandungan 38 weeks aku mulai merasakan mulas. Awalnya gak ada pikiran bahwa itu adalah awal mula kontraksi. apalagi semalam aku memang makan makanan pedas, wajar saja kalo pagi ini perut mules banget rasanya. ketika ke toilet setelah MCK ada lendir darah yang keluar. Setahuku itu adalah salah satu hal yang menandakan dekatnya waktu persalinan. Meski perkiraan dokter HPLnya pertengahan november, tapi hari itu juga tgl 2 november aku lgsg periksa. Pagi itu rasa mulas masih nggak seberapa, muncul hilang dengan jarak yang nggak begitu dekat. "oh kontraksi gini doang toh, kaya sakit diare" gumamku dalam hati. (Ternyata tidak semudah itu fergusooo) Drama di mulai