Skip to main content

posisi bayi melintang, plasenta previa, terlilit tali pusat, tapi bisa lahiran normal?

Bismillah, kita mulai aja ya ceritanya, mumpung baby Nala sedang tidur nih hihi. Sebelumnya, apa kabar para pengantin baru, bumil atau siapapun yg baca postingan ini. Sebenarnya ini lebih ke sharing pengalaman sebagai pengantin baru yg kemudian hamil dan melahirkan.
Btw, buat kamu yg pengantin baru dan belum dpt momongan jangan khawatir dan terburu-buru pingin cepet punya momongan ya, jrk normal nikah ke hamil itu maksimalnya 1 thn koq, kalo lebih dari itu tpi blm hamil jg baru cek ke dokter ya. jadi inget dlu tiap tgl mens deg2an karna takut haid wkwk, maklum dlu rasanya mau cepet2 aja. apalagi liat temen2 yg nikahnya gak jauh beda sama kita dan lgsg dikasih "titipan" olehNya, dan tiap tahu kalo haid lgsg agak kecewa gitu rasanya, ada yg gini juga ga? Toss kita sama hihihi.

Tapi ternyata ketika sudah hamil, hal itu tidak semudah pertanyaan "kapan?" dari orang-orang sekitar, pokoknya selagi belum "dititipkan" nikmatin pacaran berdua dulu sama suami ya hihi, karena kalo sudah hamil akan muncul drama baru, bumbu-bumbu rumah tangga, belum lagi sbg istri kita gak akan semaksimal ngelayanin suami sama seperti sblmnya. Alhamdulillah aku dikasih kesempatan oleh Nya untuk pacaran halal dlu dan explore dieng banjarnegara-sekitarnya selama kurang lebih 2 bln.

Lanjut ke cerita hamilnya ya. 13 maret waktu ultah suami, aku sengaja nyiapin tes pack karena emg udah telat haid semingguan dan biasanya gak pernah telat. di hari spesial itu kebahagiaan kami bertambah, aku positif hamil, alhamdulillah. Besok paginya, drama dimulai wkwk. Aku lgsg mengalami morning sickness alias mual2 dipagi hari, waktu itu aku dan suami memang gak langsung cek ke dokter karena rencananya kami ingin lgsg usg saja sekalian. Tapi kata ortu jgn terburu2, usgnya nunggu bulan depan saja biar janinnya lebih keliatan. Seiring berjalannya waktu aku makin payah, buat sikat gigi aja rasanya gak sanggup karena hormon hamil yg makin bertambah tiap harinya. Tapi suami muali khawatir dengan keadaan ku, akhirnya kita putuskan untuk cek ke dokter usg dll dann ternyataaaaa janinnya gak keliatan donggggggg. Dokter cuma blg "minggu dpn kesni lg aja ya, semoga ini bukan hamil di luar rahim ya bu". "Deg" siapa coba yg gak khawatir. Sepulangnya dari klinik, aku sbg kaum milenial lgsg serching dongg ttg kehamilan di luar rahim atw yg dikenal dengan "hamil anggur" oleh banyak org. Pikiran-pikiran negatif mulai muncul, tiap habis sholat aku berdoa semoga seminggu lagi janinnya keliatan. Seminggu berlalu, mental aku belum siap untk usg ulang dan memastikannya lg. Ku beralasan untuk nunggu seminggu lagi aja deh, rasanya masih kurang doanya. Alhamdulillah usg berikutnya janin sudah terlihat.

sekitar bulan juli kami usg lagi untuk yg ke 3 kalinya. Waktu itu usia janin 22 weeks, posisi janin dinyatakan melintang tpi masih bisa diusahakan berputar. Seperti biasa, sepulang dari klinik aku search "cara mengubah posisi bayi melintang" di yutub wkwk. Semua usahapun aku coba,  mulai dari gerakan yoga sampai komunikasi dengan janin. Yg lucu dan bikin haru adalah komunikasi dengan janin itu emg ngefek dan bikin takjubbb bgtttttt, sedari kandungan mereka udah pinterrr bgt. Waktu itu aku coba cara komunikasi dengan cahaya diruangan gelap, aku arahin cahaya senter HP ke arah perut ku dan mulai komunikasi sama dd. "dd sayang, posisinya muter yuk.  kepalanya di bawah sini ya sayang" kata ku sambil mengelus perut dan mengarahkan cahayanya ke perut bagian bawah. Masya Allah benerannn donggg dia gerakkkk, keliatan jelas bgt gerakannya.

16 agustus kami usg lagi (maklum anak pertama, maunya usg terus wkwk). Setiap mau usg, aku baca sholawat supaya hasilnya baik2 aja. Tapi hari itu ketika memeriksaku dokter mengerutkan keningnya agak lama dan bertanya "pernah ada keluar flek/darah gak?" "alhamdulillah gak pernah dok" jawabku. Setelah itu dokter menjelaskan bahwa janin ku sehat, posisinya pun sudah tidak melintang dan letak kepalanya sudah berada di bawah, masya Allah itulah kekuatan doa dan ikhtiar. tapi kata dokter letak plasenta/ari2nya berada di bawah. sepulangnya dari klinik, aku dan suami otomatis lgsg cek ttg plasenta previa. Karna kami tdk bgtu paham ttg plasenta jdi kami tdk banyak bertanya, kebetulan dokter yg menanganin kami juga tidak banyak bicara kecuali kalo ada pertanyaan. Sepulang dari sana aku dan suami lgsg mencari banyak artikel  ttg plasenta previa. Banyak artikel yg menjelaskan bahwa kandungan dengan posisi plasenta previa diharuskan melahirkan secara SC karena resikonya tinggi yaitu pendarahan hebat dan resiko2 mengerikan lainnya. Di berbagai artikel pun menjelaskan ibu hamil yg posisi plasentanya berada di bwh biasanya sering mengalami flek/pendarahan dan diajurkan untk bed rest. Alhamdulillah aku tdk pernah mengalami flek/pendarahan sekalipun. Terima kasih ya Allah..
Setelah baca banyak artikel itu rasanya hatiku hancur. Keinginan untuk lahiran normal sirna. Apalagi setelah mengecek semua artikel bahkan video yg menjelaskan ttg plasenta previa, semuanya menganjurkan untuk persalinan SC. Tidak ada solusi seperti Yoga atau gerakan2 apapun untuk mengubah posisi si plasenta karena dapat mengakibatkan pendarahan hebat atau lebih parah lagi. Semua artikel hanya menganjurkan untuk bedrest dan tidak melakukan aktifitas berat. Tetapi aku tetap ikhtiar dengan berdoa dan komunikasi ke janin mau pun plasenta. Setiap selesai sholat dan berdoa aku mengelus perut dan mulai komunikasi dengan mereka, karena selama di dalam rahim, plasenta/ari-arilah yg menemani calon bayiku. "dd tlg blg ya ketemen nya geser sedikit aja, jangan nutupin jalan lahir dd. Biar dd bisa lahiran normal okey?" atau "plasenta, makasih ya udh nemenin dd di perut, posisinya tlg geser dikit ya, biar dd bisa lewat dan lahiran normal" begitulah ikhtiar yg ku lakukan setiap hari setelah pasrah berdoa kepada yang maha Kuasa.

Sebelum pulang ke tangerang, aku sempetin buat usg lagi. 20 september, aku usg terakhir di banjarnegara. Dokter yg biasa periksa usgku cuti, jdi diganti oleh dokter yg lebih muda, aktif dan informatif bgt. Beliau melihat catatan kehamilan ku dan mencocokannya dengan usg hari itu. "sebelumnya plasenta previa ya hasilnya?tpi hari ini hasilnya enggak koq. Plasentanya Cuma sedikit nutupin jalan lahir aja. Ini kan masih 31/32 weeks kehamilan, kemungkinan nanti posisi ari-arinya tergeser sama janin yg membesar" setelah mendengar penjelasannya aku lgsg bertanya "berarti bisa lahiran normal ya dok?" kemudian dokter mengangguk "insha Allah bisa. Tapi kalo ternyata bayinya terlalu besar, sepertinya cukup sulit krna plasentanya sedikit menutup jln lahir. Mudah2an aja bergeser ya sesuai sama perkembangan janin. Krg2in makan yg manis sama diet nasi ya, ini bayinya udh 2 kg, normal sih sesuai perhitungan mingguannya tpi lebih se-ons." Masya Allah lagi-lagi the power of doa, ikhtiar, dan berfikir positif. Sepulang dari klinik aku semakin yakin bisa lahiran secara normal.

Lalu di minggu ke 38 aku usg terakhir, untuk memastikan posisi janin dll. Sebab pagi harinya ada lendir darah yg keluar, sebelumnya memang sudah terasa mules tapi sakitnya hanya seperti org yg lg diare. Setelah cek ke bidan ternyata tdk ada pembukaan dan dianjurkan usg. Kebetulan jadwal usg di klinik dekat rumah hanya ada mlm hari, hari itu juga aku usg dan ternyata hasilnyaaa... Bayiku terlilit 2 tali pusat. Rasa khawatir mulai menjalar dipikiranku. "Bisa lahiran normal ga ya" batinku. banyak yg akhirnya SC krna bayinya terlilit tali pusat. Tapi selalu saja, pikiran positifku lebih kuat dari pada rasa khawatir itu. Ada Allah, yakinku.

Well udah malem nih gaes. Sampai sini dlu ya sharing cerita kehamilannya, untuk sharing proses persalinan di postingan selanjutnya yaaa. Busui harus istirahat karna Nala nen terus hihi. Ini aja aku ngetiknya nyicil2, ternyata nulis saat ngurusin newborn itu tidak semudah yg kubayangkan wkwk. Etapi ini mood booster buat aku siiii, me timenya new mom lah. Senang aja masih bisa share sama kalian di repotnya ngurus bayi yg bentar2 nen wkwk.

Oia, ada yg bertanya2 gak si, kenapa kayanya dipostingan ini kesannya ngotot bgt mau lahiran normal? Ada yg berfikiran begitu? Well, Aku dengar dari cerita ortu, mertua, bahkan org sekitar, bahwa sesakit-sakitnya lahiran normal akan pulih lebih cepat ketimbang yg SC. Tapi bukan berarti SC gak sakit. Perbedaannya lahiran normal sakittttt bgttttt, gak ada kata yg bisa menggambarkan mulesnya saat kontraksi dengan sakit apapun, bahkan aku si pencinta pedas dan sudah bersahabat dengan yg namanya sakit perut level teratas pun sungguh merasa payah saat kontraksi. Nah sedangkan kalo SC, karena dia operasi jdi mungkin tdk merasakan proses kontraksi (eh tp gak tau deng) sampai mengejan. Tapi pasca operasi SC prosesnya lebih panjang untuk pulih. Aku ngebayangin dong, nanti babynya gmn kalo kita payah bgt setelah melahirkan dan masih harus dirawat di RS. Sedangkan kalo normal terkadang bisa lgsg plg ke rumah beberapa jam setelah melahirkan tergantung kondisi pasien. Biaya persalinan SC jauh lebih mahal tapi persalinan normal terbilang murah, bahkan bisa gratis pake bpjs (wkwkw jiwa perhitungan ibu2 bergetar). Ibu yg melahirkan secara normal sekiranya 40 harian menahan sakitnya bekas jahitan disekitar vagina (kalo ada, hebat dan salut bgt sama yg lahiran normal n g dpt jaitan) sedangkan yg SC katanya bahkan sampai bertahun2 bekas jahitan sayatan diperutnya masih suka terasa ngilu hingga ke pinggang dan sakit2 efek OP. Nah, kalo sudah tahu begini, kamu yg sdg hamil pasti mengusahakan untuk bisa lahiran normal kan? kecuali ada alasan medis yg kuat yg bisa membahayakan ibu/janin bila melakukan persalinan normal. Bagaimanapun jalan lahirnya, normal atau SC, perjuangan melahirkan adalah detik2 momen paling sakral, wahnan ala wahnin pokoknya. Makanya balasannya syurga dan dikategorikan syahid. Masya Allah ya seorng ibu...

So, hormatilah ibumu,ibumu,ibumu, lalu ayahmu...

Salam hangat dari Nala yg mulai ngerengek minta nen, see ya di postingan selanjutnya....

Beberapa photo hasil usg yang masih tersimpan

Comments

Popular posts from this blog

Better Than Love

Ini lagunya Sinna Sherina Munaf, liriknya dalem banget ^^. blogger tau film "Petualangan Serina"? ya...di film itu namanya Sherina M. Darmawan..... "M"nya apa? tau gak? M-nya itu "MELINDA"( haha...jangan percaya!!!). aku nge-fans sama Sherina. dia hebat banget, waktu umurnya masih sangat dini, doi udah nyanyi bareng Westlife (bisa dibilang boyband yang pada zamannya lagi naik daun). semua lagunya okok banget...temasuk yang satu ini :) Seemed impossible, seemed absurd I didn’t even know you before Kept my distance, closing in I don’t mind caressing your skin What did you say, what did you do? Somehow i feel i’m enchanted by you Flying high on a mountain high Suddenly you look as bright as the sky Something old, something new Something i didn’t thought could be true Have I forgotten or have I never Felt like this as light as a feather Not interested in love, but i’m attracted to you I hope that you feel the same way too A little too fast b

Persalinan lancar berkah doa asmaul husna

Sorry too late to post hihi,  now day nala lg kuat bgt nennya dan mulai gak mau ditaro di kasur meskipun udh ngantuk wkwkw. Doa kan semoga aku dan nala sehat terus ya,  biar bisa berbagi cerita di blog sebisa mungkin hihi. Bismillah, lanjut ke cerita persalinan. Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya,  di usia kandungan 38 weeks aku mulai merasakan mulas. Awalnya gak ada pikiran bahwa itu adalah awal mula kontraksi. apalagi semalam aku memang makan makanan pedas, wajar saja kalo pagi ini perut mules banget rasanya. ketika ke toilet setelah MCK ada lendir darah yang keluar. Setahuku itu adalah salah satu hal yang menandakan dekatnya waktu persalinan. Meski perkiraan dokter HPLnya pertengahan november, tapi hari itu juga tgl 2 november aku lgsg periksa. Pagi itu rasa mulas masih nggak seberapa, muncul hilang dengan jarak yang nggak begitu dekat. "oh kontraksi gini doang toh, kaya sakit diare" gumamku dalam hati. (Ternyata tidak semudah itu fergusooo) Drama di mulai