Skip to main content

Ummul Quro 20 Tahun

beberapa hari sebelum opening Milad UQI 20 tahun, aku ditugaskan membuat tulisan yang nantinya akan dibacakan oleh kyai. tapi tulisan ini sepertinya tidak layak. al-hasil tidak jadi dibacakan, tapi tetap semangat nulis donk (--,)9. so aku baru nemu lagi tulisan ini di folder catatan, lumayan buat menuhin blog. so chekidot.....

20 tahun  sudah Ummul Quro berdiri. Setiap kami berjalan melewati bangunan Pesantren, hati kami terus mengucapkan syukur. Masjid, ruang kelas, asrama, gedung serba guna, mengingatkan kami pada setiap cucuran keringat yang berjatuhan dan rasa malu yang terasa hingga ubun-ubun, ketika kami mengetuk pintu hati para donatur dari rumah ke rumah. Bermodalkan uang  250.000 yang kami dapatkan, peletakan batu pertama dilakukan. Pada tanggal 21 juni 1993 bertepatan dengan 1 Muharram 1413, Pesantren Ummul Quro Al-Islami resmi didirikan. Kami ingat, di tahun pertama sebuah masjid dibangun di tengah tanah hibah dan rumah sederhana berdiri di depannya, tercatat santri angkatan pertama hanya berjumlah 20 orang, di tempatkan di dua ruang berdinding triplek.

Tahun demi tahun berlalu, seiring dengan bangunan di Ummul Quro yang semakin maju. Kelas triplek yang membuat hawa semakin panas ketika siang dan asbes bocor yang menitikan air hujan mengakibatkan genangan air di dalam kelas, sudah tidak lagi menjadi kekhawatiran bagi kami. Pada tahun 2008 pintu hati Bank BRI terketuk, mereka mendanai untuk pembuatan lokal kelas, bangunan tersebut kami namai gedung BRITAMA. Gedung serbaguna di hadapannya pun menggantikan kamar triplek tempat beristirahat para guru.

Tanah lapang yang dulu digunakan untuk bermain bola oleh santri putra dan tempat penjelajahan bagi santri putri, kini sudah di isi dengan beberapa bangunan bertingkat. Masjid yang memisahkan antara asrama putra dan putri sudah tidak cukup untuk menampung ribuan santri yang ingin melaksanakan ibadah. Allah memberikan jalan keluar, melaluiNya pintu hati Direktur utama Bank BRI terketuk, sebuah masjid megah yang dapat menampung beribu-ribu orang didirikan. Kami tak henti-hentinya mengucap syukur atas rizki yang melimpah di pesantren ini.

Setiap kali upacara, lapangan yang dulu terlihat longgar, sekarang terlihat padat. Ruang untuk kamar pun lebih banyak dibutuhkan. Ribuan santri datang dari segala penjuru negeri. Nama pondok pesantren dirubah menjadi Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami dengan fasilitas yang menjadi semakin lengkap.  

Namun hati kami teriris, kelopak mata kami panas melihat keadaan lingkungan pesantren. Kami merindukan teriakan semangat dari balik triplek-triplek yang mulai lepas dari kayunya, kami merindukan suara ricuh sendal jepit berlarian menuju masjid untuk sholat berjamaah, kami merindukan ucap salam ketika berpapasan, kami merindukan suara hapalan dari setiap sudut tempat ketika ujian, kami merindukan keakraban yang terjalin antara kakak dan adik kelasnya. Kami merindukan anak-anak berbicara bahasa arab dan inggris dengan percaya diri.

Semoga dengan bertambahnya usia Ummul Quro, dengan bertambahnya santri di Ummul Quro dan bertambah pula bangunannya. Siapapun yang berada di Pesantren dapat menjaga apa yang telah diamanahkan oleh Allah SWT. Suatu kepercayaan yang sudah didapatkan kemudian di khianati maka akan sulit lagi untuk mendapatkannya. “maka ni’mat Tuhan kamu yang mana kah yang kamu dustakan” (Ar-rahman; 16). Kami sangat berharap semua pengurus pondok dapat mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, satriawan dan satriawati pun dapat belajar dengan giat dan mematuhi peraturan yang ada. 
Ummul Quro dulu :')

Ummul Quro Masa kini :') Alhamdulillah

Comments

  1. Membaca cerita ini, seakan membuatku malu. Belum bisa memberikan yang terbaik untuk pondok. Padahal pondok telah memberi saya lebih.

    NIce :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Better Than Love

Ini lagunya Sinna Sherina Munaf, liriknya dalem banget ^^. blogger tau film "Petualangan Serina"? ya...di film itu namanya Sherina M. Darmawan..... "M"nya apa? tau gak? M-nya itu "MELINDA"( haha...jangan percaya!!!). aku nge-fans sama Sherina. dia hebat banget, waktu umurnya masih sangat dini, doi udah nyanyi bareng Westlife (bisa dibilang boyband yang pada zamannya lagi naik daun). semua lagunya okok banget...temasuk yang satu ini :) Seemed impossible, seemed absurd I didn’t even know you before Kept my distance, closing in I don’t mind caressing your skin What did you say, what did you do? Somehow i feel i’m enchanted by you Flying high on a mountain high Suddenly you look as bright as the sky Something old, something new Something i didn’t thought could be true Have I forgotten or have I never Felt like this as light as a feather Not interested in love, but i’m attracted to you I hope that you feel the same way too A little too fast b

posisi bayi melintang, plasenta previa, terlilit tali pusat, tapi bisa lahiran normal?

Bismillah, kita mulai aja ya ceritanya, mumpung baby Nala sedang tidur nih hihi. Sebelumnya, apa kabar para pengantin baru, bumil atau siapapun yg baca postingan ini. Sebenarnya ini lebih ke sharing pengalaman sebagai pengantin baru yg kemudian hamil dan melahirkan. Btw, buat kamu yg pengantin baru dan belum dpt momongan jangan khawatir dan terburu-buru pingin cepet punya momongan ya, jrk normal nikah ke hamil itu maksimalnya 1 thn koq, kalo lebih dari itu tpi blm hamil jg baru cek ke dokter ya. jadi inget dlu tiap tgl mens deg2an karna takut haid wkwk, maklum dlu rasanya mau cepet2 aja. apalagi liat temen2 yg nikahnya gak jauh beda sama kita dan lgsg dikasih "titipan" olehNya, dan tiap tahu kalo haid lgsg agak kecewa gitu rasanya, ada yg gini juga ga? Toss kita sama hihihi. Tapi ternyata ketika sudah hamil, hal itu tidak semudah pertanyaan "kapan?" dari orang-orang sekitar, pokoknya selagi belum "dititipkan" nikmatin pacaran berdua dulu sama suami ya

Persalinan lancar berkah doa asmaul husna

Sorry too late to post hihi,  now day nala lg kuat bgt nennya dan mulai gak mau ditaro di kasur meskipun udh ngantuk wkwkw. Doa kan semoga aku dan nala sehat terus ya,  biar bisa berbagi cerita di blog sebisa mungkin hihi. Bismillah, lanjut ke cerita persalinan. Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya,  di usia kandungan 38 weeks aku mulai merasakan mulas. Awalnya gak ada pikiran bahwa itu adalah awal mula kontraksi. apalagi semalam aku memang makan makanan pedas, wajar saja kalo pagi ini perut mules banget rasanya. ketika ke toilet setelah MCK ada lendir darah yang keluar. Setahuku itu adalah salah satu hal yang menandakan dekatnya waktu persalinan. Meski perkiraan dokter HPLnya pertengahan november, tapi hari itu juga tgl 2 november aku lgsg periksa. Pagi itu rasa mulas masih nggak seberapa, muncul hilang dengan jarak yang nggak begitu dekat. "oh kontraksi gini doang toh, kaya sakit diare" gumamku dalam hati. (Ternyata tidak semudah itu fergusooo) Drama di mulai