Skip to main content

Europe with Light


Apa yang anda pikirkan ketika melihat gambar di atas?  paris, menara eiffel? baru beberapa minggu ini aku mengganti dinding wallpaper kamar. alasannya bukan karena bosan dengan wallpaper yang lama, tapi karena aku ingin sekali bisa menginjakkan kaki  ke eropa dan salah satu tujuannya adalah paris. ini adalah salah satu mimpi baru ku dari sekian mimpi yang belum terwujud dan aku masih berusaha untuk meraihnya (-.-)9.

keinginan ini muncul ketika aku baru membaca beberapa lembar halaman dari novel "99 cahaya di langit eropa". kota awal yang di ceritakan adalah Wina di Austria. ada gereja Baroque St. Charles dimana gereja itu terapit oleh 2 tiang yang terinspirasi  dari minaret masjid. ada pula mantel Raja Roger II yang berkaligrafi arab tersimpan di museum Schatzkammer.

kota ke 2 adalah Paris. kita mengenal Paris sebagai kota romantis dengan gemerlap cahaya lampunya, menara eiffel menjadi tujuan utama para touris dan juga museum louvre yang menyimpan lukisan terkenal ratu Mona Lisa yang juga di bukukan dalam novel The Davinci Code. namun ada yang lebih menarik dari sekedar menara eiffel dan lukisan ratu Mona Lisa yang ternyata hanya berukuran sedikit lebih besar dari gambar president di kelas-kelas sekolah :O. selain itu, ada lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus yang bertema Madonna and Child. yang menarik dari lukisan itu adalah hijab yang dikenakan Bunda maria sebagiannya bertuliskan lafadz Laa ilaa haillallah dengan gaya tulisan Pseudo Kufic atau coretan imitasi tulisan arab.

pada masanya lafadz Laa ilaa haillallah adalah kata favorite di timur tengah dan tema lukisan "Virgin Mary and Child" juga menjadi tema favorite pelukis dimasa itu. maka tak heran pelukis zaman kegelapan Eropa melukis Bunda Maria dengan model memakai kain berlahfadz tauhid karena sebenarnya ia tidak tahu apa arti dari lahfadz tersebut oleh karena itu juga lahfadz Laa ilaa haillallah dalam lukisan tersebut terlihat tidak sempurna. betapa terlihat bangsa eropa dulu juga meniru kebudayaan islam yang dianggap lebih maju pada masanya.

selain itu ada Quadriga Arc de Tromphe du Carrousel berlatar belakang horizon garis lurus Axe Historique yang membelah kota Paris, garis ini searah dengan kiblat dan Napoleon lah yang membuat garis Imajiner itu sepulangnya dari ekspedisi mesir. walaupun minioritas dari penduduk paris non muslim tapi sebuah Masjid Agung Paris, Le Grande Mosquee de Paris masih berdiri tegak di pusat kota Paris. subhanalloh...

jika kita mengetahui hanya kota Parislah yang terkenal dengan cahayanya, namun masih ada lagi kota yang dijuluki sebagai The true city of light. yaitu cordoba, kota seribu cahaya. kamu pernah mendengar sebuah masjid yang kini menjadi gereja? ya Mezquita, kamu akan menemukannya di Cordoba namun ia telah beridentitas baru menjadi Katedral. di dalam Mezquita ini ada sebuah mihrab yang kini dipagari dengan terali besi. Namun jika di perhatikan mihrab itu tidak sepenuhnya menghadap kiblat di Mekkah. Kenapa bisa begitu? Sergio seorang guide tour memberi penjelasan di buku ini. Sultan Al-Rahman memang sengaja membuatnya begitu, di sebelah masjid ada gereja yang sudah berdiri terlebih dulu. jika memaksakan ke arah tenggara maka gereja harus di robohkan tetapi sultan tidak ingin berbuat seperti itu. meskipun mihrab itu menghadap selatan, namun orang-orang yang beribadah sedikit menyerong ke tenggara walaupun harus menghadap dinding gereja mereka tetap mendirikan sholat ke arah kiblat. betapa mulia pemikiran Sultan Al-Rahman, menghormati pemeluk agama lain.

yang mirisnya dari Mezquita adalah mengapa bangunan ini tidak dijadikan museum saja. sehingga tidak ada pemeluk agama manapun yang merasa kalah, tersakiti. bangunan ini lebih pantas disebut museum karena jarang sekali terlihat dipergunakan untuk ibadah. melihat mayoritas dari masyarakatnya yang tidak memeluk agama, ateis.

pada masa kejayaan Isabella dan ferdinand, Islam begitu perih. Granada ditaklukan secara habis-habisan, semua tradisi Arab dihilangkan, pembaptisan paksa yang bahkan tidak disetujui oleh non muslim pun terjadi. terpaksa atau pun tidak masyarakat harus memeluk agama kristen. para polisi ditugaskan memeriksa setiap rumah, setiap rumah wajib berjualan babi dan menggantungkan daging-daging babi itu di pintu rumah, sebagai bukti ketaatan mereka pada Isabella. jadi tak heran jika berkunjung ke Spanyol betapa vulgar daging-daging babi digantung secara gamblang di depan rumah-rumah penduduk, karena itu sudah menjadi tradisi turun-temurun.
Jika di Paris kita menemukan sebuah masjid yang berubah identitasnya menjadi sebuah gereja, di Istanbul Turki kita akan menemukan bangunan yang tidak beridentitas sebagai tempat ibadah agama apapun melainkan berubah identitas baru menjadi sebuah museum, Hagia Shopia bangunan besar dan mewah. jika Mezquita berubah menjadi Katedral, berbeda dengan Hagia Shopia. bangunan ini awalanya adalah sebuah gereja terbesar di Eropa dengan langit-langit bergambar Yesus, Bunda Maria, Jhon the Baptist, Kaisar Byzantium, sang konstantin. kemudian berubah menjadi Masjid dengan rel atap dan pucuk pilar dihiasi oleh nuansa islam, dengan ayat-ayat suci , Medalion besar berkaligrafi Allah SWT dan Muhammad SAW. kaligrafi Islam kreasi 1000 tahun sesudahnya, masa ketika Byzantium jatuh ketangan Dinasti Ottoman. Bangunan itu hingga kini masih utuh dengan lukisan nuansa agama yang berbeda, karena Sultan Mehmed sang penakluk, hanya menutup lukisan-lukisan nuansa kristen dengan kain.

Turki adalah negara Eropa yang mayoritas penduduknya memeluk Islam. sebuah masjid, Blue Mosque dengan keindahan atap kubahnya menaungi para muslim yang beribadah. Masjid itu terlihat aktif, tidak hanya digunakan untuk ibadah saja. diujung sudut masjid beberapa orang membuat lingkaran dan memulai diskusi, beberapa pengajian pun di gelar, lantunan ayat suci juga terdengar syahdu, para touris mengambil gambar keindahan atap kubah seusai ibadah sholat dilaksanakan, tidak ada yang menggunanakn pakaian minim, mereka menggunakan pakaian sopan dan tertutup walaupun tanpa jilbab di kepalanya.

Novel
aku jatuh cinta pada tempat-tempat di Novel ini, bahkan aku jatuh  cinta pada Fatma wanita turki dengan ketaatannya. Fatma, seorang muslimah yang tidak mengenyam pendidikan tinggi mampu menjadi agen muslimah yang baik, itu yang selalu ia katakan "aku hanya ingin menjadi agen muslimah yang baik". ketika di Wina ia mendengar beberapa orang menghina bangsa dan agamanya dengan memakan roti croissants rakus yang melambangkan kekalahan turki lalu tertawa terbahak-bahak. Fatma tidak marah, ia malah mentraktir mereka diam-diam dan memberikan alamat emailnya sebagai tanda pengenal dengan menitipkan notenya pada pelayan. alhasil non muslim itu mengiriminya pesan, ia menyesal karena sudah berbuat seperti itu dan ingin berteman dengannya.

aku juga jatuh cinta pada Marion, wanita Paris dengan segala pengetahuan sejarah Islam yang begitu luas, dengan lancar membeberkan siapa tokoh itu, bagaimana kisahnya, sampai membaca kalimat Pseudo Kufic dengan mudahnya. entahlah terbuat dari apa otaknya? Hanum dan Rangga, mampu menuliskan setiap detail kejadian yang bisa dengan mudah di pahami. kalian smart (y)

Comments

  1. kamu membeli wallpaper dinding kamarmu itu dimana? dan berapa harganya?

    ReplyDelete
  2. di semacam toko pernak pernik dekat kampus-kampus juga banyak, gampang koq nemuinnya, cuma 25000 dan banyak pilihan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Better Than Love

Ini lagunya Sinna Sherina Munaf, liriknya dalem banget ^^. blogger tau film "Petualangan Serina"? ya...di film itu namanya Sherina M. Darmawan..... "M"nya apa? tau gak? M-nya itu "MELINDA"( haha...jangan percaya!!!). aku nge-fans sama Sherina. dia hebat banget, waktu umurnya masih sangat dini, doi udah nyanyi bareng Westlife (bisa dibilang boyband yang pada zamannya lagi naik daun). semua lagunya okok banget...temasuk yang satu ini :) Seemed impossible, seemed absurd I didn’t even know you before Kept my distance, closing in I don’t mind caressing your skin What did you say, what did you do? Somehow i feel i’m enchanted by you Flying high on a mountain high Suddenly you look as bright as the sky Something old, something new Something i didn’t thought could be true Have I forgotten or have I never Felt like this as light as a feather Not interested in love, but i’m attracted to you I hope that you feel the same way too A little too fast b

posisi bayi melintang, plasenta previa, terlilit tali pusat, tapi bisa lahiran normal?

Bismillah, kita mulai aja ya ceritanya, mumpung baby Nala sedang tidur nih hihi. Sebelumnya, apa kabar para pengantin baru, bumil atau siapapun yg baca postingan ini. Sebenarnya ini lebih ke sharing pengalaman sebagai pengantin baru yg kemudian hamil dan melahirkan. Btw, buat kamu yg pengantin baru dan belum dpt momongan jangan khawatir dan terburu-buru pingin cepet punya momongan ya, jrk normal nikah ke hamil itu maksimalnya 1 thn koq, kalo lebih dari itu tpi blm hamil jg baru cek ke dokter ya. jadi inget dlu tiap tgl mens deg2an karna takut haid wkwk, maklum dlu rasanya mau cepet2 aja. apalagi liat temen2 yg nikahnya gak jauh beda sama kita dan lgsg dikasih "titipan" olehNya, dan tiap tahu kalo haid lgsg agak kecewa gitu rasanya, ada yg gini juga ga? Toss kita sama hihihi. Tapi ternyata ketika sudah hamil, hal itu tidak semudah pertanyaan "kapan?" dari orang-orang sekitar, pokoknya selagi belum "dititipkan" nikmatin pacaran berdua dulu sama suami ya

Persalinan lancar berkah doa asmaul husna

Sorry too late to post hihi,  now day nala lg kuat bgt nennya dan mulai gak mau ditaro di kasur meskipun udh ngantuk wkwkw. Doa kan semoga aku dan nala sehat terus ya,  biar bisa berbagi cerita di blog sebisa mungkin hihi. Bismillah, lanjut ke cerita persalinan. Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya,  di usia kandungan 38 weeks aku mulai merasakan mulas. Awalnya gak ada pikiran bahwa itu adalah awal mula kontraksi. apalagi semalam aku memang makan makanan pedas, wajar saja kalo pagi ini perut mules banget rasanya. ketika ke toilet setelah MCK ada lendir darah yang keluar. Setahuku itu adalah salah satu hal yang menandakan dekatnya waktu persalinan. Meski perkiraan dokter HPLnya pertengahan november, tapi hari itu juga tgl 2 november aku lgsg periksa. Pagi itu rasa mulas masih nggak seberapa, muncul hilang dengan jarak yang nggak begitu dekat. "oh kontraksi gini doang toh, kaya sakit diare" gumamku dalam hati. (Ternyata tidak semudah itu fergusooo) Drama di mulai