Skip to main content

I am happy to be indonesian


Benarkah setiap warga negara Indonesia bangga menjadi orang indonesia? Atau
malah sebaliknya?
Rasa bangga atas bangsa ini adalah perwujudan rasa nasionalisme kita. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bahkan Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan dan bisa membanggakannya. Seluruh prestasi yang telah dicapai bangsa ini, dari yang terbaik maupun yang terburuk sekalipun, haruslah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan berbangsa yaitu bangsa Indonesia yang harus kita terima dengan lapang dada. Apapun prestasnya kita harus tetaplah bangga.
Diluar sana Indonesia terkenal akan kekayaan alam dan budayanya. Betapa banyak kekayaan alam di Indonesia yang menjadi rekor dunia. Indonesia merupakan Negara tropis dengan perairan yang luas. Terdapat banyak spesies nabati dan hewani yang dapat menarik perhatian turis asing . misalnya saja terumbu karang (coral reef) merupakan yang terkaya (18% dari total dunia). Produsen kayu lapis terbaik dan paling banyak di ekspor. Terdapat 6 ribu tumbuhan anggrek yang paling diminati dunia mulai dari jenis yang kecil hingga yang terbesar, termasuk anggrek hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
Indonesia Juga memiliki hutan bakau terbesar yang bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut. Di salah satu pulaunya yaitu sumatera terdapat bunga terbesar di dunia, Raflesia Arnoldi. Ada pun binatang purba yang masih hidup; komodo, terdapat di pulau Komodo Ntt  yang merupakan kadal tebesar di dunia. Ini adalah sebagian dari kekayaan alam milik Negara maritim yang telah mendunia. Maka pelestarian alam merupakan kewajiban yang besar bagi rakyatnya, suatu kebanggan yang tak ternilai saat kita bisa ikhlas dalam  membantu melestarikan alam untuk bangsa.
Kebudayaan bangsa ini pun dilirik oleh dunia. Indonesia dengan bahasa daerah terbanyak , yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk  yang digunakan berbagai suku Indonesia. Menurut saya budaya yang membanggakan dari bangsa ini adalah kebiasaan hidup masyarakatnya yang sangat beragam. Dari Sabang hingga Merauke, bangsa ini memiliki ciri khas kebudayaan dan kebiasaan hidup di daerah masing-masing. contohnya kebiasaan hidup masyarakat Indonesia bagian timur, seperti daerah pedalaman Papua yang bisa dibilang sangat primitif. Tetapi ada nilai plus dari Kebudayaan daerah ini yaitu mereka sangat terbuka terhadap tamu-tamu yang berkunjung ke wilayah tersebut dengan menunjukkan beberapa tarian khas dari masyarakatnya. Beda halnya dengan Kebiasan suku sunda, bahkan hampir seluruh rakyat Indonesia juga melakukan kebiasaan ini yaitu ngabuburit, sebutan untuk kegiatan menunggu bedug maghrib pada bulan Ramadhan yang hanya bisa kita temukan di negara tercinta ini, ternyata Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia.
Adapun budaya jawa yang masih kental dengan “kesopan-santunan” perilaku masyarakat yang ramah dan kaum wanitanya yang kemayu. Kebudayaan Bali juga sangat terkenal di seluruh dunia, mulai dari tempat wisatanya, tari-tarianya dan banyak lagi ciri khas kebudayaan Bali yang sangat membanggakan bangsa ini. Berlanjut kepulau sumatera, bukan kebudayaannya saja yang mendunia bahkan salah satu kuliner dari Sumatera barat dengan bumbu khasnya pun sudah di akui dunia. Yaitu rendang,  menurut CNN rendang termasuk makanan terenak didunia.  kebanggan sekecil apapun harus kita syukuri. Kebersamaan yang kental sangat terasa di Negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. keragaman itulah yang membuat Negara ini mendapat julukan “Bangsa Seribu Budaya”.
Tak hanya alam dan budayanya saja yang terpandang. salahsatu orang Indonesia yang di pandang dunia adalah BJ Habibi, beliau merupakan warga Negara Indonesia yang sangat dibanggakan di jerman. Hingga salahseorang yang berpengaruh di jerman pun mengatakan: “ dunia melahirkan orang seperti BJ Habibi mungkin hanya dalam kurun waktu 200 tahun sekali”.
Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Maka berhaklah Habibi mendapatkan Tanda Jasa/Kehormatannya atas semua karya beliau yang membanggakan Indonesia dalam menghitung dan mendesain beberapa proyek pembuatan pesawat terbang yang bergengsi itu.
Indonesia termasuk Negara yang berprestasi. Tak sedikit penghargaan yang telah diraih oleh tanah air kita. Seperti tim bulu tangkis Indonesia, merupakan tim yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria. Taufik Hidayat, pemain bulutangkis Indonesia menjadi juara dunia dengan mengalahkan permain peringkat 1 dunia, Lin Dan di babak final, sehingga menjadi pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan Olimpiade pada saat yang sama. seorang petinju Indonesia Yohannes Christian John, atau lebih dikenal sebagai Chris John, Ia tercatat sebagai petinju Indonesia ketiga yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical dan Nico Thomas.
Bahkan para pelajar di Indonesia pun banyak yang berprestasi tingkat dunia dan patut diacungkan jempol. Beberapa contoh prestasi pelajar bangsa yang membanggakan adalah SMP Salman Al-Farisi Kota Bandung menggondol juara pertama 'World Robo Master Cup 2009', sebuah kompetisi robot rakitan SMP se-ASEAN di Singapura. 'NXP Lego', nama robot itu, adalah hasil rakitan tiga siswa SMP Salman Al-Farisi Bandung, Jawa Barat, Tim ini berhasil mengandaskan 8 tim lain termasuk "jawara" Singapura. Atas kemenangan tersebut, tim 'Haiya Boy' yang terdiri dari siswa kelas tiga sekolah tersebut berhak atas medali emas kategori “Prison Break”.
 Prestasi lainnya yaitu dua orang pelajar Indonesia mendapatkan penghargaan terhormat untuk melihat peluncuran satelit MEASAT-3a pada 22 Juni 2009 mendatang di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan.Kedua pelajar beruntung tersebut adalah Sylvia Ayu Pradanawati, mahasiswi Fakultas Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan I Wayan Alit Sudarsana, siswa SMAN 1 Semarapura, Bali. Selain melihat peluncuran satelit, keduanya juga diajak mengunjungi Rusia dan berbagai fasilitas teknologi ruang angkasanya, yang biasanya "susah" dikunjungi oleh sembarang orang. Prestasi-prestasi diatas adalah sebagian dari banyak prestasi lainnya yang telah diraih oleh tanah air kita.
Namun tak semua rakyat Indonesia peka akan prestasi bangsanya yang patut di banggakan. Maka janganlah melihat Negara ini  dari sisi yang buruknya saja. Walaupun Tak bisa dipungkiri , sebenarnya cukup banyak perilaku bangsa yang kurang baik. Namun semua itu harus menjadi cambuk berharga bagi seluruh rakyat negara ini untuk terus memperbaikinya. Bangsa ini bangsa besar dan bisa kita banggakan, tentunya dengan memberikan yang terbaik.
Tak mudah patah arang untuk terus memperbaiki diri dengan segenap kemampuan yang kita miliki. Apapun yang terjadi dengan Indonesia, seharusnya kita  bangga dan mensyukurinya. Mewujudkan rasa nasionalisme atas negeri tercinta ini, dengan kesetiaan dan solidaritas yang kuat dari para warganya. Sepatutnya setiap penduduk pribumi memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dengan tetap bangga atas kondisi dan prestasi bangsa ini. Hidup Indonesia. Aku bangga menjadi Indonesia!!!!!!.                    Oleh: Melinda Permata Sari

Comments

Popular posts from this blog

Better Than Love

Ini lagunya Sinna Sherina Munaf, liriknya dalem banget ^^. blogger tau film "Petualangan Serina"? ya...di film itu namanya Sherina M. Darmawan..... "M"nya apa? tau gak? M-nya itu "MELINDA"( haha...jangan percaya!!!). aku nge-fans sama Sherina. dia hebat banget, waktu umurnya masih sangat dini, doi udah nyanyi bareng Westlife (bisa dibilang boyband yang pada zamannya lagi naik daun). semua lagunya okok banget...temasuk yang satu ini :) Seemed impossible, seemed absurd I didn’t even know you before Kept my distance, closing in I don’t mind caressing your skin What did you say, what did you do? Somehow i feel i’m enchanted by you Flying high on a mountain high Suddenly you look as bright as the sky Something old, something new Something i didn’t thought could be true Have I forgotten or have I never Felt like this as light as a feather Not interested in love, but i’m attracted to you I hope that you feel the same way too A little too fast b

posisi bayi melintang, plasenta previa, terlilit tali pusat, tapi bisa lahiran normal?

Bismillah, kita mulai aja ya ceritanya, mumpung baby Nala sedang tidur nih hihi. Sebelumnya, apa kabar para pengantin baru, bumil atau siapapun yg baca postingan ini. Sebenarnya ini lebih ke sharing pengalaman sebagai pengantin baru yg kemudian hamil dan melahirkan. Btw, buat kamu yg pengantin baru dan belum dpt momongan jangan khawatir dan terburu-buru pingin cepet punya momongan ya, jrk normal nikah ke hamil itu maksimalnya 1 thn koq, kalo lebih dari itu tpi blm hamil jg baru cek ke dokter ya. jadi inget dlu tiap tgl mens deg2an karna takut haid wkwk, maklum dlu rasanya mau cepet2 aja. apalagi liat temen2 yg nikahnya gak jauh beda sama kita dan lgsg dikasih "titipan" olehNya, dan tiap tahu kalo haid lgsg agak kecewa gitu rasanya, ada yg gini juga ga? Toss kita sama hihihi. Tapi ternyata ketika sudah hamil, hal itu tidak semudah pertanyaan "kapan?" dari orang-orang sekitar, pokoknya selagi belum "dititipkan" nikmatin pacaran berdua dulu sama suami ya

Persalinan lancar berkah doa asmaul husna

Sorry too late to post hihi,  now day nala lg kuat bgt nennya dan mulai gak mau ditaro di kasur meskipun udh ngantuk wkwkw. Doa kan semoga aku dan nala sehat terus ya,  biar bisa berbagi cerita di blog sebisa mungkin hihi. Bismillah, lanjut ke cerita persalinan. Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya,  di usia kandungan 38 weeks aku mulai merasakan mulas. Awalnya gak ada pikiran bahwa itu adalah awal mula kontraksi. apalagi semalam aku memang makan makanan pedas, wajar saja kalo pagi ini perut mules banget rasanya. ketika ke toilet setelah MCK ada lendir darah yang keluar. Setahuku itu adalah salah satu hal yang menandakan dekatnya waktu persalinan. Meski perkiraan dokter HPLnya pertengahan november, tapi hari itu juga tgl 2 november aku lgsg periksa. Pagi itu rasa mulas masih nggak seberapa, muncul hilang dengan jarak yang nggak begitu dekat. "oh kontraksi gini doang toh, kaya sakit diare" gumamku dalam hati. (Ternyata tidak semudah itu fergusooo) Drama di mulai